Selasa, 05 Februari 2013


Prinsip Pokok Pemrograman Berbasis GUI 
             Secara prinsip ada dua bagian pokok dalam pengembangan aplikasi dengan menggunakan VB, yaitu: visual design dan event-driven programming.

Visual Design 
             Dalam lingkungan Windows, User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi  yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan  User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.  Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi selalu dimulai dengan pembentukkan  user interface.   Untuk mendisain  user interface, pengetahuan yang paling dibutuhkan hanyalah pemahaman dasar tentang jenis dan kegunaan dari control dan dasar-dasar bagaimana menggambar sebuah object.
             Form dan control merupakan elemen-elemen dasar dalam user interface pada aplikasi-aplikasi berbasis Windows.  Dalam VB, elemen-elemen ini disebut obyek karena dapat dimanipulasi seperti sebuah obyek.  Obyek merupakan suatu kombinasi dari kode dan data yang dapat diperlakukan sebagai satu kesatuan.  Sebuah obyek memiliki sejumlah property dan sejumlah method, dan akan bereaksi terhadap sejumlah  event eksternal seperti halnya obyek fisik.  
            Sebagai ilustrasi (pada gambar), sebuah mobil adalah sebuah obyek fisik yang memiliki property, method dan event.  Salah satu property adalah warna.  Biasanya property warna dari mobil ditetapkan ketika sebuah mobil dibuat.  Tetapi kalau kita tidak suka dengan warna mobil yang kita beli, kita masih dapat merubahnya, misalnya dengan mengecat ulang.  Demikian juga dalam VB,  property dari sebuah  control biasanya ditentukan ketika  object dibuat (pada saat ditempatkan pada sebuah form), tetapi kita dapat merubah property ini dengan memberikan nilai baru.  Kita dapat merubah nilai property pada saat disain (dengan menggunakan jendela Properties) atau pada saat  runtime(melalui kode program).  Beberapa property hanya tersedia pada saat disain, dan beberapa property hanya tersedia pada saat runtime.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar